Penampilan Seni dan Budaya Pasukan Garuda Pukau Tentara Unifil di Lebanon


PurwakartaPos.Com | Pagelaran seni dan budaya Indonesia yang ditampilkan oleh Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Garuda Unifil (United Nations Interim Forces in Lebanon) Misi Perdamaian Dunia PBB di Lebanon, pada acara “Culture Presentation”, memukau ratusan tentara Unifil.

Acara Culture Presentation yang digelar beberapa waktu lalu di  UN Posn 7-3 Lebanon tersebut, Pasukan Garuda menampilkan beragam seni dan budaya khas Indonesia, diantaranya pakaian adat-istiadat, kesenian, pariwisata, aneka makanan dan lain-lain.

Hadir dalam acara tersebut, Dansektor Timur Unifil Brigadier General Fransisco Javier Romero Mari, Deputy Commander Sektor Timur Kolonel Inf Iwan Sumantri, Komandan Konga Unifil Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo, Dansatgas Sempu Konga XXV-J/Unifil Letkol Cpm Yudho Pramono, Dansatgas Indobat Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P. serta seluruh Dansatgas dari beberapa negara yang tergabung dalam Sektor Timur Unifil, seperti India, Nepal, China, Korea, Kamboja, El Savador, Fiji, Brazil, Serbia dan Irlandia.

Kedatangan Dansektor Timur Unifil Brigadier General Fransisco Javier Romero Mari, Deputy Commander Sektor Timur Kolonel Inf Iwan Sumantri serta Dansatgas yang berada di Sektor Timur Unifil di Markas Sempu, disambut dengan penampilan Tari Yospan khas Papua.

Rangkaian acara diawali dengan menyaksikan kebudayaan Indonesia secara visual, antara lain meliputi sejarah bangsa Indonesia, seni budaya, wonderfuIl  Indonesia dan Profil Tentara Nasional Indonesia, dilanjutkan melihat static show yang menampilkan pakaian adat, cinderamata dan makanan ringan khas Indonesia.

Selanjutnya, Dansektor Timur Unifil Brigadier General Fransisco Javier Romero Mari beserta rombongan menyaksikan kolaborasi kesenian yang dimainkan oleh personel Satgas Indobatt dan Sempu, dengan menampilkan Tari Kecak dari Bali, kesenian Tek-Tek dari Banyumas, seni Barongan dari Jawa Tengah, kesenian Reog dari Ponorogo dan Tari Aster khas Papua.

Suasana semakin meriah, tatkala Brigadier General Fransisco Javier Romero Mari, Kolonel Inf Iwan Sumantri, Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo, Letkol Cpm Yudho Pramono, Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P. beserta seluruh Dansatgas Sektor Timur dan undangan yang hadir ikut ambil bagian menari Aster secara massal.

Menurut Komandan Konga Unifil Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo, pagelaran pada acara Culture Presentation merupakan cerminan dari keberagaman adat dan budaya bangsa Indonesia. “Acara ini kami kemas untuk memperkenalkan budaya dan adat Indonesia kepada negara-negara Peacekeepers Misi PBB di Lebanon, dengan harapan mereka semua mengetahui dan tertarik untuk berkunjung ke Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dansektor Timur Unifil Brigadier General Fransisco Javier Romero Mari asal negara Spanyol menyampaikan bahwa apapun yang ditampilkan Kontingen Indonesia selalu mendapatkan tempat dihati sesama Peacekeepers. “Budaya dan Kesenian Indonesia sangat beragam dan luar biasa, sehingga menggoda kita untuk datang mengunjunginya,” ucapnya.

Rangkaian kegiatan Culture Presentation di akhiri dengan ramah tamah, foto bersama dan makan siang bersama dengan menu khas asal Indonesia. (Hadi/ Puspen TNI)

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.