Bupati Purwakarta Minta Perusahaan Daftarkan Warga Menjadi Peserta BPJS Kesehatan


PurwakartaPos.Com | Penjabat Bupati Purwakarta, M. Taufiq Budi Santoso meminta perusahaan yang ada di kabupaten purwakarta membantu warga purwakarta untuk didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan melalui program Donasi Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Selain mendaftarkan, perusahaan ataupun badan usaha lainnya yang ada di purwakarta, bisa menanggung pembayaran iuran BPJS warga purwakarta itu, setiap bulannya melalui program CSR yang ada di perusahaan tersebut.

“Jadi prinsipnya adalah gotong royong ya, warga disekitar perusahaan yang belum tercover di BPJS karena kesulitan ekonomi maka perusahaan melalui CSR nya agar bisa membantu. Karena ini wujud kepedulian kita terhadap mereka (warga) di purwakarta," pinta Taufiq di hadapan perwakilan badan usaha di purwakarta saat digelar Forum sosialisasi program CSR bersama BPJS Kesehatan di bale nagri pemkab Purwakarta, kemarin.

Untuk mensukseskan program Donasi JKN-KIS ini, Taufiq menargetkan pada akhir tahun 2018, perusahaan telah menyerahkan daftar keluarga warga purwakarta yang didaftarkan dan ditanggung program CSR ke dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.

Tentunya menurut taufiq, dukungan dari instansi terkait seperti dinas ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan bisa maksimal dalam mensosialisasikan program ini kepada perusahaan yang ada di purwakarta.

“Pemda akan melihat kontribusi ini dari perusahaan, sejauhmana kepeduliannya kepada warga purwakarta terutama yang kesulitan ekonomi dan berada di lingkungan perusahaan. Jadi, akhir tahun targetnya berapa yang bisa dicover ikut bpjs kesehatan oleh perusahaan," tutup Taufiq.

Di purwakarta sendiri, perusahaan yang beroperasi aktif tercatat ada sekitar 740 perusahaan. Sementara warga purwakarta yang belum terdaftar menjadi peserta BPJS kesehatan tercatat sebanyak 231.906 jiwa dari total penduduk 905.585 jiwa.

Henny Nursanty, kepala kantor cabang BPJS Purwakarta menyebut, dari 231.906 jiwa yang belum terdaftar BPJS kesehatan itu, 132.445 jiwa diantaranya tergolong warga kurang mampu. Untuk itu, sasaran dari program Donasi JKN-KIS di purwakarta adalah menyasar warga kurang mampu tersebut.

“Tapi dari jumlah 132.445 jiwa ini sudah terdaftar 63.766 jiwa, itu dari warga kurang mampu sesuai data yang kami dapatkan dari dinas terkait di purwakarta, termasuk penerima rastra. Tapi kan tadi dari total penduduk purwakarta masih ada 231.906 jiwa. Ini yang terus kita sasar. Target kita akhir tahun ini minimal 223 ribu jiwa ya yang bisa diselesaikan," jelas Henny kepada awak media.

Jurnalis : Agus Triyatmaka

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.