Polres Purwakarta Laksanakan Gelar Perkara Kecelakaan Lalin di Toll Cipali KM 81


PurwakartaPos.Com | Satlantas Polres Purwakarta menyelenggarakan kegiatan Gelar Perkara yang dilaksanakan di Aula Satlantas Polres Purwakarta, Rabu (11/04) pukul 11.00 wib.

Kegiatan yang di pimpin langsung Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP RIZKY ADI SAPUTRO, SH, S.IK dihadir oleh Kasubag Hukum AKP AHMAD A, KBO Lantas IPTU GUGUN GUNADI, SH, Kanit Laka IPTU AGUS KUSWARA, Kasat Sabhara yang diwakili AIPTU DEDI KHOTIBI, Kasi Propam yang diwakili AIPTU HERMANTO serta para Penyidik Unit Laka Sat Lantas Polres Purwakarta.

Kegiatan Gelar Perkara tersebut  memaparkan Perkara Kecelakaan yang terjadi pada hari Jumat tanggal 16 Maret 2018 sekitar pukul 23.30 Wib di Jalan Tol Cipali KM 81.600/A di  Desa Kertamukti, Kecamatan, Campaka Kabupaten Purwakarta antara Kendaraan Daihatsu Luxio No. Pol. B-1686-SIH yang menabrak bagian belakang Kendaraan Isuzu Truk Tronton No Pol. G-1794-FC, atas kejadian itu mengakibatkan pengemudi dan 5 (lima) orang penumpang kendaraan Daihatsu Luxio meninggal dunia di TKP dan 2 (dua) orang mengalami luka berat.

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP RIZKY ADI SAPUTRO, SH, S.IK melalui Kanit Laka IPTU AGUS KUSWARA, menjelaskan "Kegiatan gelar perkara yang dilaksanakan hari ini sebagai tahapan dari proses penyidikan yang bertujuan untuk memantapkan penetapan unsur-unsur pasal yang disangakaan,  disamping itu penyidik dapat menentukan secara pasti langkah langkah hukum yang diambil guna menghindarkan penyidik dari upaya pra peradilan, dan dengan adanya gelar perkara ini maka akan memudahkan komunikasi antar penegak hukum untuk mencapai efesiensi dan penuntasan dalam penanganan perkara kecelakaan lalu lintas yang terjadi." Ujarnya. 

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mendengar penjelasan dari penyidik yang menangani perkara laka lantas dan menerima masukan serta pertimbangan dari Narasumber dan peserta gelar yang hadir serta nantinya hasil yang diperoleh dalam gelar perkara ini akan dijadikan acuan oleh penyidik dalam menentukan langkah hukum selanjutnya sesuai dengan aturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 

"Dengan gelar perkara ini diharapkan segala kendala dan permasalahan yang akan timbul dapat diantisipasi sesuai prosedur dan hukum yang berlaku sehingga masyarakat dapat terlayani dan memahami bagaimana prosedur yang sebenarnya dalam penanganan  laka lantas," pungkasnya.

Jurnalis : Agus Triyatmaka

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.