Pisah Sambut Kepala Sekolah SMAN 1 Purwakarta


PurwakartaPos.Com | Kepala Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam pengelolaan sekolah. Maju-mundurnya kondisi sekolah dan tinggi rendahnya kualitas lulusannya tidak lepas dari peran Kepala Sekolah.

Dengan kata lain, kepala sekolah merupakan lokomotif keberhasilan di sekolah yang dipimpinnya, jadi jika sekolah itu maju itu merupakan keberhasilan untuk semuanya tapi jika tidak itu merupakan kegagalan dari kepala sekolah yang memimpinya, demikian dikatakan kepala sekolah SMAN 1 Purwakarta Drs, Emma Sukaesih M.Pd, selaku kepala sekolah yang baru menggantikan Asep Mulyana S.Pd, M.Pd, saat ditemui wartawan seusai acara kenal sambut yang diselenggarakan di aula sekolah SMAN 1 Purwakarta (Rabu 4/4.).

Dikatakanya, Setiap kepala sekolah mempunyai  tantangan yang relatif lebih kompleks, seperti tantangan geografis, kondisi masyarakat, kondisi guru, intake siswa, dan sarana-prasarana.Kepala Sekolah berperan sebagai pemimpin, pejuang, dan pelayan pendidikan.

Kepala Sekolah adalah seorang pemimpin (leader), lanjutnya, baik sebagai pemimpin sebuah organisasi, pemimpin secara administratif, manajerial, maupun sebagai pemimpin pembelajaran. Pemimpin organisasi berkaitan dengan tugasnya memimpin sebuah organisasi yang terdiri dari guru, staf, dan siswa, beserta lingkungannya. Pemimpin secara administratif dikaitkan dengan tugas yang diembannya dari atas dan berkewajiban mengelola administrasi sekolah dengan baik.

“Seperti di SMAN 1 Purwakarta ini segalanya lebih dari sekolah yang saya pimpin dulu, dari siswanya, gurunya dan itu harus memerlukan perhatian  dan perlakuan yang lebih namun itu bukan sesuatu yang negatif tapi justru itu merupakan aset sekolah yang harus dijaga dan modal untuk kemajuan sekolah, semuanya harus bersinergi dari mulai murid, guru, staf tata usaha komite dan orang tua. Seorang kepala skolah imposible akan berhasil tanpa kerjasama dari itu semua”, demikian kepala sekolah SMAN 1 Purwakarta.

Sementara itu ketua komite SMAN 1 Purwakarta Dul Nasir ditempat yang sama mengatan, selamat datang kepala sekolah yang baru dan selamat tinggal kepada kepala sekolah yang lama, semoga ditempat yang baru nanti bisa berhasil memimpin sekolah masing-masing,

“saya Cuma berharap semoga sinergisitas yang selama ini telah terjalin dengan baik dengan kepala sekolah yang lama bisa dilanjutkan oleh kepala sekolah yang baru, bahkan justru diharapkan akan lebih baik lagi dan nyaman dalam bekerjasama untuk mewujudkan sekolah yang maju dan berkualitas," pintanya.

Jurnalis : Agus Triyatmaka



Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.