Ruslan Subanda: Pembangunan Desa di Purwakarta Terdepan


PurwakartaPos.Com | Pelaksana Harian Bupati Purwakarta Ruslan Subanda mengatakan bahwa selama 10 tahun terakhir, Purwakarta berada di garda terdepan dalam melakukan pembangunan pedesaan.

Kecamatan Sukasari misalnya, selama kurang lebih 50 tahun terisolir akibat pembangunan Waduk Jatiluhur. Masyarakat setempat terpaksa memanfaatkan transportasi air karena akses jalan darat sangat memprihatinkan.

Senada dengan Dirjen Perimbangan Keuangan, Plh Bupati Purwakarta menceritakan bahwa pembangunan jalan di Sukasari dilakukan secara padat karya. Karena itu, partisipasi aktif masyarakat ikut tergenjot dan memberikan output berupa peningkatan penghasilan warga setempat.

“Warga Sukasari direkrut untuk membuka akses itu. Pertama, karena mereka warga asli yang mengenal kontur wilayah. Kedua, ini dalam rangka membangun partisipasi publik. Mereka dilibatkan dan terjadi peningkatan kesejahteraan,” ucapnya.

Secara jangka panjang, keberadaan ruas jalan yang dibiayai dari APBD murni Purwakarta tersebut mampu meningkatkan nilai tambah. Proyeksi Sukasari sebagai daerah wisata baru dapat terwujud di masa yang akan datang.

“Pembangunan infrastruktur mampu meningkatkan nilai tambah bagi warga sekitar. Ke depan, daerah itu diproyeksikan sebagai kawasan wisata,” katanya.

Jurnalis : Agus Triyatmika

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.