Pemerintah Menjamin Keamanan Investor Asing


PurwakartaPos.Com | Widi Nugroho Sahib, selaku Head Of Corporate Affairs PT. South Pasific Viscose bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menjamin para investor asing yang telah menanamkan modal akan dilindungi dan dijaga keamanannya bila sudah sesuai regulasi di Indonesia.

Demikian hal itu disampaikan Widi saat usai menemui Menko Kemaritiman di Jakarta hari ini (28/2), saat dihubungi via seluller.

"Hari ini kami bertemu dengan Menko Kemaritiman, Bapak Luhut Binsar Panjaitan. Kami diterima di ruang kerjanya bersama Arnold Haiko (Chief Technology Officer LENZING A.G.) didampingi Manajemen PT. South Pacific Viscose yang terdiri dari : Christian Oberleitner (Presiden Direktur), Apriandi Yana (Head of Safety, Health, & Environment) dan saya sendiri," papar Widi melalui sambungan seluller.

Kunjungan yang kami lakukan dalam rangka untuk meminta jaminan  keamanan untuk investor asing, yang telah berinvestor di Indonesia salah satunya PT. South Pasific Viscose (SPV) yang telah berdiri sekitar 35 tahun di Purwakarta dengan jumlah karyawan sekitar 1.750 orang dan berkontribusi besar dalam ekspor non migas.

"Di sisi pelestarian lingkungan dan sungai Citarum, pabrik SPV memiliki 2 unit IPAL di dalam perusahaan dan selalu dikontrol agar sesuai baku mutu dari pemerintah baik dimonitor internal, dan eksternal yaitu oleh Dinas LH setempat maupun laboratorium eksternal yang kompeten," ungkap Widi.

"Di awal pertemuan, Bapak Luhut menginformasikan bahwa sudah menghubungi oknum anggota DPRD Purwakarta yang diduga berada di belakang aksi demo ke perusahaan,"  tambah Widi menjelaskan terkait pertemuannya dengan Menko Kemaritiman untuk menyampaikan situasi terakhir di Purwakarta.

Sering di demo ormas

Seperti diketahui,  perusahaan SPV di demo dari salah dari LSM yang berkantor pusat di Karawang, dengan mengusung topik lingkungan dan pencemaran sungai Citarum untuk menekan perusahaan supaya membeli tanah milik oknum DPRD Purwakarta tersebut.

"Pertemuan yang juga dihadiri Duta Besar Austria untuk Indonesia, Pak Luhut kemudian menghubungi Kapolda Jawa Barat. Irjend. Polisi Drs. Agung Budi Maryoto dan memberi instruksi agar aparat keamanan menjaga situasi kamtibmas di seluruh wilayah Indonesia. Serta memberi jaminan keamanan investor asing yang telah mematuhi regulasi Pemerintah di bidang lingkungan hidup," ujar Widi.

Jurnalis: Agus Triyatmaka

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.