Persyaratan Belum Lengkap, Pendaftaran Partai Perindo Belum Diterima KPU Purwakarta


PurwakartaPos.Com |
Ketua KPU Purwakarta Deni Ahmad Haidar mengatakan, hari ini senin 9/10 KPU Purwakarta menerima kedatangan rombongan dari DPD Partai Perindo Purwakarta di kantor KPU Purwakarta Jl. Flamboyan No.60. Sesuai arahan dari KPU RI melalui KPU Provinsi, KPU kabupaten/kota hanya boleh menerima Berkas kelengkapan partai peserta pemilu setelah DPP partai tersebut melakukan pendaftaran di KPU RI.

“setelah DPP partai tersebut melakukan pendaftaran ke KPU RI, kami selaku KPU kabupaten mulai mengecek kelengkapan dari pada partai yang menyerahkan kelengkapan berkas ke KPU,” kata Deni, hari ini.

Dijelaskanya, dalam  rangka  melaksanakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan KPU Nomor  7 Tahun  2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, KPU Kabupaten Purwakarta melayani Partai Politik dalam penyerahan kelengkapan dokumen persyaratan dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.

“Setelah berkas kami terima, bersama-sama dengan pimpinan dan pengurus partai Perindo dan disaksikan oleh Panwas kabupaten Purwakarta, ternyata berkas yang kami terima masih kurang lengkap walaupun kurangnya hanya sedikit sekali yaitu sekitar delapan KTP dan KTA. Dengan kekurangan tersebut kami tidak bisa menerima dan belum bisa memberikan tanda serah terima dokumen," jelasnya.

Dalam kesempatan itu Deni memaparkan sejumlah syarat yang mesti dipenuhi saat Partai Politik ingin mendaftar, antara lain:

Pertama, salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Politik dan salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik‎ atau surat keterangan dengan jumlah paling sedikit untuk memenuhi syarat kelengkapan yaitu sebanyak 912 KTP dan KTA, setelah semua lengkap selanjutnya nanti mulai tanggal 17/10 kami akan melakukan verifikasi administrasi keseluruhan dari pada Partai tersebut. Seribu orang atau satu perseribu orang dari jumlah pendudukan Kabupaten Purwakarta, (Dokumen KTA dan KTP Elektronik anggota partai politik dibukukan dengan rapih).

Kedua, daftar nama dan alamat partai politik yang telah diinput kedalam aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).
Ketiga, salinan surat keputusan tentang kepengurusan partai politik tingkat Kabupaten Purwakarta.

Empat, salinan surat keputusan tentang kepengurusan partai politik tingkat kecamatan.

Lima, surat keputusan dari pengurus pusat partai politik tentang alamat kantor dan alamat tetap pengurus tingkat Kabupaten, dilampiri surat keterangan dari pemerintah setempat. (camat/lurah/desa).

Mengenai kantor atau sekretariat partai politik, serta status kepemilikan kantor partai politik (kontrak/sewa/SHM).

"Untuk kelengkapan dokumen yang telah ditentukan, langsung disampaikan ke kantor KPU Purwakarta, dimulai dari tanggal 3 sampai 16 oktober 2017," pungkas Deni. (Agus3)


Berikut, lampirannya:

PENDAFTARAN PARTAI POLITIK DAN PENYERAHAN SYARAT PENDAFTARAN SERTA PENERIMAAN KELENGKAPAN DOKUMEN PERSYARATAN DALAM PENYELENGGARAAN PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

Dalam  rangka  melaksanakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan KPU Nomor  7 Tahun  2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 dan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, KPU Kabupaten Purwakarta melayani Partai Politik dalam penyerahan kelengkapan dokumen persyaratan dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, yaitu :

1.    Salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Politik dan salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau Surat Keterangan dengan jumlah paling sedikit 1000 (seribu) orang atau 1/1.000 (satu perseribu) orang dari jumlah penduduk Kabupaten Purwakarta (Dokumen KTA dan KTP-Elektronik Anggota Partai Politik dibukukan dengan rapi).
2.    Daftar nama dan alamat anggota Partai Politik yang telah diinput ke dalam Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL)
3.    Salinan Surat Keputusan tentang Kepengurusan Partai Politik tingkat Kabupaten.
4.    Salinan Surat Keputusan tentang Kepengurusan Partai Politik tingkat Kecamatan.
5.    Surat keterangan dari Pengurus Pusat Partai Politik tentang alamat kantor dan alamat tetap pengurus tingkat kabupaten dilampiri Surat keterangan dari Pemerintah setempat (Camat/Lurah/Desa) mengenai Kantor/Sekretariat Partai Politik, serta Status kepemilikan Kantor/Sekretariat Partai Politik (Kontrak/Sewa/SHM).

Seluruh dokumen disampaikan di Kantor KPU Kabupaten Purwakarta Jl. Flamboyan No. 60 Purwakarta pada tanggal 3 s.d 16 Oktober 2017 pukul 08.00 s.d 16.00 WIB, dan pada tanggal 16 Oktober 2017 (batas akhir penyerahan dokumen) KPU Kabupaten Purwakarta melayani sampai dengan pukul 24.00 WIB.

Hal-hal  lain  yang  belum  jelas,  dapat  ditanyakan  langsung  kepada Tim Helpdesk SIPOL KPU Kabupaten Purwakarta.

Purwakarta,  1 Oktober  2017

Ketua Komisi Pemilihan Umum
Kabupaten Purwakarta,
ttd
Deni Ahmad Haedari

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.