KPU Jabar Sosialisasi Rekrutmen PPK dan PPS


PurwakartaPos.Com |
Untuk membentuk penyelenggara pemilu tingkat kecamatan yaitu Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) hingga  tingkat Tempat Pemungutan Suara ( TPS) yaitu Panitia Pemungutan Suara (PPS) Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Jawa Barat selenggarakan sosialisasi rekrutmen PPK dan PPS.

Untuk perekrutan wilayah Bekasi kota, kabupaten Bekasi, Karawang, Subang dan Purwakarta sosialisasi KPU Jabar ditempatkan di kota Bekasi Jalan Kemakmuran no.39, Bekasi Kota.

Komisioner KPU Jawa Barat Agus Rustandi kepada awak media mengatakan, perekrutan PPK dan PPS ini untuk pemilihan kepala daerah yaitu untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan wakil Bupati di tingkat kabupaten yang nanti akan diselenggarakan secara bersama-sama dengan pemilihan kepala daerah Gubernur dan wakil gubernur.

KPU Jawa Barat membuka pendaftaran bagi calon anggota PPK, PPS dan KPPS mulai dari 12 Oktober sampai 3 November 2017.

"Karena pemilu ini melibatkan banyak orang ini hal yang tidak mudah. Sehingga dibutuhkan koordinasi yang baik mulai di tingkat kecamatan desa dan kelurahan," lanjut Agus.

KPU mengharapkan banyak warga masyarakat mendaftar sebagai anggota PPK, PPS dan KPPS domisili masing-masing. Selain bertugas menyelenggarakan pemilihan gubernur,  anggota PPK, PPS dan KPPS akan ditugaskan menyelenggarakan pilkada di kabupaten kota.

"Mengingat Pilgub Jabar dilaksanakan serentak dengan pilkada serentak 16 kabupaten kota di Jawa Barat pada 27 Juni 2018 mendatang,"terangnya.

Sejauh ini menurut Agus, belum semua masyarakat bisa mengakses partisipasi bergabung ke dalam bagian PPK, PPS dan KPPS. Atas alasan itu, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi intens.

"Agar pemilu ini bisa berjalan sukses atas sinergisitas KPU, pemerintah dan partisipasi masyarakat. Di sisi lain proses seleksi PPK dan PPS harus secara terbuka dan transparan agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar," harapnya.

Sosialisasi perekrutan PPK dan PPS sendiri oleh KPU Jabar menghadirkan, ketua dan komisioner KPU dan komisioner  Panitia Pengawas Pemilu dari Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Karawang Subang dan Purwakarta. Unsur dari dinas KesbangPol  dari 5 daerah peserta sosialisasi serta hadir juga awak media. (agus3)

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.