Gebyar Bulan Bahasa SMAN 1 Purwakarta Berlangsung Semarak


PurwakartaPos.Com |
Bulan Bahasa nasional diperingati setiap bulan Oktober, pada bulan Oktober juga terdapat hari nasional lainya untuk diperingati, yaitu seperti hari batik 2 Oktober, hari kesaktian pancasila 1 Oktober  dan yang paling populer pada tanggal 28 Oktober selalu diperingati sebagai hari sumpah pemuda.

Pada tahun ini ada yang berbeda di SMAN 1 Purwakarta, jika pada tahun-tahun sebelumnya hanya diperingati secara internal saja namun untuk tahun 2017 ini diperingati secara meriah dan juga mengundang SMP–SMP yang ada di Purwakarta untuk turut meramaikan bulan bahasa.

Panitia pelaksana yang terdiri dari siswa-siswi SMAN 1 Purwakarta dalam menyambut bulan bahasa tahun ini tidak tanggung-tanggung membuat acara yang kreatif, dan rupanya juga menarik bagi banyak siswa untuk turut serta mengikutinya.

Ketua Pelaksana Bagas Wirya Sasmita, siswa kelas 11 kepada Purwakarta Pos mengatakan, dalam peringatan bulan bahasa tahun ini akan diselenggarakan beberapa perlombaan yang dibagi menjadi dua bentuk yaitu eksternal dan internal, dilaksanakan selama dua hari.

Menurut Bagas, acara ini dilaksanakan agar para generasi muda bisa menghargai bahasa Indonesia. Tujuan adalah untuk lebih meningkatkan kesadaran akan berbahasa dan minat membaca dan yang paling utama agar generasi muda bisa bertutur  kata dengan baik serta rasa cinta terhadap tanah air Indonesia semakin kuat.

“untuk tahun ini kita sengaja mengundang SMP-SMP untuk mengikuti lomba agar bakat-bakat mereka bisa dilihat dan dikembangkan agar keinginan mereka nanti untuk meneruskan ke sekolah yang bagus bisa kita bantu untuk dipermudah dengan pertimbangan-pertimbangan yang ada," tukas Bagas antusias.

Dia menyebutkan, kegiatan dengan mengikutsertakan perserta diluar sekolah memang baru kali pertama diadakan, suka duka pun kerap kali kita jalani seperti mulai perencanaan sangat menyita waktu dan tenaga, terus ketika mencari peserta tidak semudah yang kita bayangkan.

"Nyatanya dari berpuluh-puluh undangan yang kami kirimkan ke SMP-SMP namun saat pelaksanaanya hanya 5 SMP yang bersedia hadir untuk mengikuti acara tersebut,” imbuhnya.

Kendati demikian, kata Bagas, dari 5 SMP yang ikut itu sudah sangat membanggakan buat kami selaku panitia pelaksana, karena acara bisa terselenggara dengan baik. Hal tersebut suatu pengalaman bagi kami, dengan harapan untuk tahun-tahun kedepan bisa lebih baik dengan peserta yang lebih banyak lagi.

Beberapa perlombaannya sendiri meliputi , lomba ngadongeng, lomba puisi bahasa Francis, lomba cotest menyanyi, lomba menulis bahasa Jepang, lomba debat, lomba karya tulis ilmiah sederhana dan lomba kawih Sunda. Pemenang sendiri untuk juara 1, 2 dan 3 selain mendapatkan tropi dan piagam juga memperoleh uang pembinaan dari panitia pelaksana. (agus3)

Tidak ada komentar

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.